Skip to main content

Fungsi Scanner Pada Java

Scanner merupakan perintah untuk membuat objek atau menginisialisasi object yang diinginkan pengguna atau yang diinputkan pengguna

Perintah-Perintah yang digunakan :
  1. import java.util.Scanner;
    Ini untuk memasukan fungsi Scanner pada program.
  2. Scanner data = new Scanner (System.in);
    Ini membangun/membuat sebuah Scanner baru yang menghasilkan nilai-nilai yang dipindai dari file yang ditentukan. Data adalah nama scanner yang akan di buat , kita bisa merubah sesuai dengan data yang akan kita buat , yang terpenting adalah tidak membuat eror atau anda kebingungan.
  3. A = data.nextInt();
    Berfungsi untuk penginputan data yang akan di buat dari kita, A adalah nama variabel . Syntax tersebut berfungsi pada tipe data integer , contohnya pada tipe data double maka gunakan A = input.nextDouble(); .
Contoh kita akan terapkan pada sebuah program persegi . Berikut adalah syntax programnya ,
package luasdankeliling;
import java.util.Scanner;
public class persegiempat {
public static void main(String[] args) {
Scanner sisi = new Scanner (System.in);
int S ;
System.out.println("Masukan Sisi = ");
S = sisi.nextInt();
int Luas , Keliling ;
Keliling = 4*S ;
System.out.println("Keliling persegi adalah = "+Keliling);
Luas = S * S;
System.out.println("Luas persegi adalah = "+Luas);
}
}
 Maka akan menghasilkan :
Scanner-1
Scanner
Sebelum kita memasukan angka pada sisi , maka perintah tidak akan bisa berjalan atau tidak berjalan. Mungkin untuk penjelasan fungsi Scanner cukup segitu saja , semoga mudah di pahami.

Comments

  1. mas mau tanya klo ada simbol kesalahan di netbeans
    lampu sm tnda seru merah di situ tertulis cannot find symbol cara ngatasinya gmn?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, Mas. Sangat membantu saya dalam belajar memasukkan data pada program Java.
    :-)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, Mas. Sangat membantu saya dalam belajar memasukkan data pada program Java.
    My blog

    ReplyDelete
  4. mas kalau mau 2 input gimana misal luas persegi panjang, jadi kan ada panjang dan lebar tuh, nanti saya pingin outputnya gini

    masukkan panjang :
    5 (input user)
    masukkan lebar:
    2 (input user)

    hasil = 10 (kalkulasi dari program)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kunjungi blog saya yang lebih lengkap...

      www.java-sc.com/2014/09/source-code-rumus-bangun-datar.html

      Delete

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel ini , saran dan komentar yang baik sangat membangun dalam penulisan artikel berikutnya.
Berkomentarlah sesuai kriteria :
1. Tidak menggunakan kata-kata kasar / mencaci .
2. Tidak menjadi SPAMMER.
3. Biasakan tidak mengirim link aktif , jika mengirim link aktif akan di anggap spam.

Hargailah karya tulis saya walaupun karya tulis ini tidak bermutu bagi anda .

Popular posts from this blog

Nih Foto Pakai Seragamnya

Kalau ada yang belum punya atau filenya hilang , download dari sini aja . Anggia Firsty Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Dedek Gumelar Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Desi Ratnasari Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Dwiki Pratama Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Erma Yusti Sarah Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hady Eka Saputra @yangpunyablog ^_^ Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hari Prasetio Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hervina Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Indah Lestari Klik Show untuk melih

Program Java GUI : Pengembangan Desain Tampilan GUI

Melanjuti postingan sebelumnya mengenai Program Java GUI : Operasi Dua Angka  , disitu kita lihat bahwa design tampilan Form dan Interface masih standar. Kita bisa merubah tampilan menjadi lebih menarik atau mungkin lebih menorak.Untuk desain sendiri lebih mudah , hanya menggunakan "Propertis". Caranya dengan klik kanan pada setiap komponen dan frame , lihat gambar berikut : Kurang lebih hasilnya Diatas adalah gambar program Operasi 2 Angka , lihat codingnya klik disini >> Loading << . Cara membuka properties dengan cara klik kanan pada komponen yang akan di design . JFrame JLabel JPanel Silahkan di atur aja sesuai yang dibutuhkan , inilah cara simpel untuk mengatur design program yang akan di buat. Semoga postingan ini dapat membantu anda dalam belajar Pemrograman Java.

Kumpulan Boot Screen Windows 7 Part 2

Setelah posting yang part satunya , sekarang post yang part duanya lagi .  Dipart dua ini ada lebih dari 20 animasi boot screen untuk windows 7 anda . halloween Halloween ( Download ) jessica Jessica ( Download ) Radian Metro Radian ( Download ) Minion Minion Boot ( Download ) Molekul Molekul ( Download ) NFS Need For Speed ( With Background atau  No Background ) Only Windows Only Windows ( Download ) Rainbow Puking Rainbow ( Download ) Sakutaro Sakutaro ( Download ) Sburb Alpha Sburb Alpha ( Download ) Sgrub Sgrub ( Download ) Square Square ( Download ) sel Sel Navi ( Download ) Troll Trollin ( Download ) Vienna Vienna ( Download ) Warior Warior ( Download ) Windows Windows 7 1 ( Download ) Windows Windows 7 2 ( Download ) Windows Windows 7 3 ( Download ) Windows Windows 7 4 ( Download ) Windows Windows 7 5 ( Download ) Windows Windows 7 6 ( Download ) Windo