Skip to main content

Pengkabelan Pada Jaringan LAN

Pada jaringan , tidak lepas juga dengan namanya kabel . Kabel juga berfungsi sebagai media pengiriman data, sama halnya dengan gelombang radio pada jaringan Wi-Fi. Dalam pemasangan kabel , tidak bisa sembarangan . karena sudah ada aturan dan ketentuannya. Berikut akan saya jelaskan cara pemasangan kabel yang benar.

Biasanya kabel yang sering digunakan dalam jaringan LAN adalah tipe kabel UTP. Perlengkapan lain yang digunakan yaitu RJ45 sebagai penghubung ke port LAN Card , Criping Tool sebagai pemotong kabel dan sekaligus penjepit ujung RJ45 biar lebih kuat menahan kabel UTP , dan Cabble Tester untuk mengetest apakah kabel sudah berfungsi dengan benar.
  1. Straight - Straight
    Yaitu tipe pengkabelan dengan memasang setiap ujung 1 dan ujung 2 urutan warnanya sama. Biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama seperti antar PC atau HUB.
    Berikut Urutan Kabel Straight :

    Maka jika diasang pada RJ45

    ilustrasi
  2. Straight - Crossover
    Yaitu tipe pengkabelan yang tiap ujung kabel , urutan warna kabel nya berbeda. Biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda seperti komputer dengan HUB.
    Berikut Urutan kabel Crossover :
Atau sebaliknya


Pengetesan kabel dilakukan dengan cabbletester , lihat kedipan cahaya pada cable tester , apakah sudah sesuai dengan urutan warna pada setiap tipe pengkabelan.

Comments

Popular posts from this blog

Program Java GUI : Pengembangan Desain Tampilan GUI

Melanjuti postingan sebelumnya mengenai Program Java GUI : Operasi Dua Angka  , disitu kita lihat bahwa design tampilan Form dan Interface masih standar. Kita bisa merubah tampilan menjadi lebih menarik atau mungkin lebih menorak.Untuk desain sendiri lebih mudah , hanya menggunakan "Propertis". Caranya dengan klik kanan pada setiap komponen dan frame , lihat gambar berikut : Kurang lebih hasilnya Diatas adalah gambar program Operasi 2 Angka , lihat codingnya klik disini >> Loading << . Cara membuka properties dengan cara klik kanan pada komponen yang akan di design . JFrame JLabel JPanel Silahkan di atur aja sesuai yang dibutuhkan , inilah cara simpel untuk mengatur design program yang akan di buat. Semoga postingan ini dapat membantu anda dalam belajar Pemrograman Java.

Config IHQ 1.3.6 Telkomsel V.2

Berhubung config pertama saya udah abal-abal . Sekarang saya mau share config IHQ om alecz yang versi ke dua . Sama seperti config yang pertama , ini config sepertinya cuma bisa pakai ultrasurf atau sejenisnya . Tapi silahkan agan coba pakai SSH , mana tahu lokasi agan bisa. Jiwa gratisan ada pada diri ane , jadi cuma IHQ pun ane , pasti mujur .  Ane Tes . Nohoax Silahkan bagi yang mau confignya bisa klik [ $ = Hasil oprek-oprek ] dan bagi yang gak punya IHQ 136 silahkan klik [ Alecz Hebat ] . Jangan lupa tinggalin jejak ya gan , kalau perlu hasinya . Tapi no spam dan kritik yang bersifat negatif !!!!!

Fungsi Scanner Pada Java

Scanner merupakan perintah untuk membuat objek atau menginisialisasi object yang diinginkan pengguna atau yang diinputkan pengguna Perintah-Perintah yang digunakan : import java.util.Scanner; Ini untuk memasukan fungsi Scanner pada program. Scanner data = new Scanner (System. in ); Ini membangun/membuat sebuah Scanner baru yang menghasilkan nilai-nilai yang dipindai dari file yang ditentukan. Data adalah nama scanner yang akan di buat , kita bisa merubah sesuai dengan data yang akan kita buat , yang terpenting adalah tidak membuat eror atau anda kebingungan. A = data.next Int (); Berfungsi untuk penginputan data yang akan di buat dari kita, A adalah nama variabel . Syntax tersebut berfungsi pada tipe data integer , contohnya pada tipe data double maka gunakan A = input.next Double (); . Contoh kita akan terapkan pada sebuah program persegi . Berikut adalah syntax programnya , package luasdankeliling; import java.util.Scanner; public class persegiempat { public s...