Skip to main content

Topologi Jaringan : Pengertian Topologi Bus

Pada Topologi bus di gunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh workstation dan server di hubungkan.Untuk mengefisiensikan penggunaan jaringan, digunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access / Collision Detected) yang dapat mengurangi terjadinya masa tenggang (saluran kosong) dengan mendeteksi tabrakan informasi.Pada topologi Bus, kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC.
Kelebihan topologi Bus 
- Senang untuk menambah atau mengurangkan komputer dan nod tanpa mengganggu operasi yang telah dijalankan.
- Kurang kabel dan jarak LAN tidak terbatas.
- Biaya instalasi sangat murah.
- Sesuai untuk rangkaian yang kecil.
Kekurangan topologi Bus : 
- Jika kabel tulang belakang (Backbone) atau mana-mana nodnya bermasalah rangkaian tidak dapat berfungsi.
- Memerlukan terminator untuk kedua ujung kabel tulang belakang .
- Sukar mengesan kerosakan.
- Perlu pengulang (repeater) jika jarak LAN jauh.
- Pengisian tambahan diperlukan untuk mengelakkan perlanggaran (collision) data
- Kecepatan rata-rata transfer informasi untuk setiap perangkat sangat lambat karena harus bergantian menggunakan saluran
- Sulit untuk manajemen jaringan
- Sulit untuk expand (menambah) jaringan
- Jika terjadi masalah dengan kabel dalam satu komputer (ingat topologi bus menggunakan satu kabel menghubungkan komputer) misalnya kabel putus maka semua jaringan komputer akan terganggu dan tidak bisa berkomunikasi antar satu dengan lainnya (down). Begitu pula jika salah satu ujung tidak diterminasi, sinyal akan berbalik (bounce) dan seluruh jaringan akan terpengaruh meskipun masing-masing komputer masih dapat berdiri sendiri (stand alone) tetapi tidak dapat berkomunikasi satu sama lain.


Baca juga mengenai :
Topologi Star , Topologi Ring , Topologi Mesh Topologi Linear, dan Topologi Tree

Comments

Popular posts from this blog

Program Java GUI : Pengembangan Desain Tampilan GUI

Melanjuti postingan sebelumnya mengenai Program Java GUI : Operasi Dua Angka  , disitu kita lihat bahwa design tampilan Form dan Interface masih standar. Kita bisa merubah tampilan menjadi lebih menarik atau mungkin lebih menorak.Untuk desain sendiri lebih mudah , hanya menggunakan "Propertis". Caranya dengan klik kanan pada setiap komponen dan frame , lihat gambar berikut : Kurang lebih hasilnya Diatas adalah gambar program Operasi 2 Angka , lihat codingnya klik disini >> Loading << . Cara membuka properties dengan cara klik kanan pada komponen yang akan di design . JFrame JLabel JPanel Silahkan di atur aja sesuai yang dibutuhkan , inilah cara simpel untuk mengatur design program yang akan di buat. Semoga postingan ini dapat membantu anda dalam belajar Pemrograman Java.

Config IHQ 1.3.6 Telkomsel V.2

Berhubung config pertama saya udah abal-abal . Sekarang saya mau share config IHQ om alecz yang versi ke dua . Sama seperti config yang pertama , ini config sepertinya cuma bisa pakai ultrasurf atau sejenisnya . Tapi silahkan agan coba pakai SSH , mana tahu lokasi agan bisa. Jiwa gratisan ada pada diri ane , jadi cuma IHQ pun ane , pasti mujur .  Ane Tes . Nohoax Silahkan bagi yang mau confignya bisa klik [ $ = Hasil oprek-oprek ] dan bagi yang gak punya IHQ 136 silahkan klik [ Alecz Hebat ] . Jangan lupa tinggalin jejak ya gan , kalau perlu hasinya . Tapi no spam dan kritik yang bersifat negatif !!!!!

Fungsi Scanner Pada Java

Scanner merupakan perintah untuk membuat objek atau menginisialisasi object yang diinginkan pengguna atau yang diinputkan pengguna Perintah-Perintah yang digunakan : import java.util.Scanner; Ini untuk memasukan fungsi Scanner pada program. Scanner data = new Scanner (System. in ); Ini membangun/membuat sebuah Scanner baru yang menghasilkan nilai-nilai yang dipindai dari file yang ditentukan. Data adalah nama scanner yang akan di buat , kita bisa merubah sesuai dengan data yang akan kita buat , yang terpenting adalah tidak membuat eror atau anda kebingungan. A = data.next Int (); Berfungsi untuk penginputan data yang akan di buat dari kita, A adalah nama variabel . Syntax tersebut berfungsi pada tipe data integer , contohnya pada tipe data double maka gunakan A = input.next Double (); . Contoh kita akan terapkan pada sebuah program persegi . Berikut adalah syntax programnya , package luasdankeliling; import java.util.Scanner; public class persegiempat { public s...