Skip to main content

Pemrograman Java

Java
Di postingan sebelumnya sudah menjelaskan tentang Algoritma dan Java . Walaupun penjelasan tersebut masih kurang menurut saya . Sekarang kita akan membahas tentan Pemrograman java itu sendiri , dan pembuatan programnya . Sebelumnya kita atau sobat All4free haruslah menginstal Java Jdk dan Netbeans . Kedua software tersebut bisa di ambil dr Link di bawah ini :
Kenapa harus NetBeans , ya sebetulnya sama saja dengan software yang lainnya . Tapi karena saya juga baru belajar , dan ini adalah penerapan saya dari matakuliah pemrograman ke dunia postingan blog . Kita juga harus memahami syntax-sintax dan tipe data dulu , karena jika kita tidak paham , sangat sulit untuk membuat program , ya seperti pengalaman saya .


Syntax
Sintaks berfungsi menyediakan bentuk-bentuk notasi untuk komunikasi antarprogrammer dan pemroses bahasa pemrograman sehingga dapat mempermudah pembuatan suatu program.
Elemen-Elemen Syntax
  1. Himpunan Karakter : Sintaks berfungsi menyediakan bentuk-bentuk notasi untuk komunikasi antar programmer dan pemroses bahasa pemrogramansehingga dapat mempermudah pembuatan suatu program.
  2. Identifier : Sintaks dasar dari identifier yang sering digunakan adalah string dari huruf dan angka yang dimulai dengan huruf. Namun, banyak juga variasi dari bahasa pemrograman yang menggunakan suatu identifier dengan tanda “.” Atau “-“. Hal ini akan berpengaruh pada kemudahan dalam pembacaan program.
  3. Simbol untuk operator : Kebanyakan bahasa pemrograman menggunakan karakter “+” dan “-“ untuk merepresentasikan dua buah operasi dasar aritmetika, dan menggunakan kombinasi serta memanfaatkan karakter-karakter spesial. Untuk suatu operator, atau menggunakan string untuk operator sepertipada FORTRAN dengan .EQ. untuk membandingkan kesamaan dan ** untuk perpangkatan.
  4. Komentar : Penambahan komentar dalam suatu program merupakan hal penting dari dokumentasi suatu program. Bahasa pemrograman mengijinkan komentar dalam beberapa bentuk. Baris komentar yang terpisah di dalam program seperti pada FORTRAN. Penggunaan karakter khusus yang tidak memedulikan baris seperti /* dan */ di bahasa C. Dimulai dari sembarang tempat disuatu baris dengan diawali suatu karakter khusus, seperti “-“ di Ada, “//” di C++ atau “!” di FORTRAN.
  5. Noise Word : Merupakan kata pilihan yang disisipkan dalam statemen untuk meningkatkan readibility. Sebagai contoh adalah statemen GO TO label. GOmerupakan keyword yang harus ada, sedangkan TO merupakan optional yang akan meningkatkan readibility.
  6. Keyword & Reserved Word : Keyword merupakan merupakan suatu identifier yang digunakan sebagai bagian tetap dari sintaks suatu statemen. Misalnya IFuntuk memulai suatu statemen kondisi atau DO untuk memulai suatu perulangan dalam bahasa FORTRAN. Keyword merupakan reserved word jika tidak digunakan sebagai identifier yang dipilih oleh programmer. Misalnya dalam bahasa FORTRAN, identifier IF dan DO dapat dipilih sebagai nama variabel oleh programmer sehingga suatu statemen yang dimulai dengan IF belum tentu merupakan statemen kondisi.
  7. Blank : Aturan penggunaan spasi pada bahasa pemrograman sangat beragam.Sebagai contoh adalah bahasa C. Biasanya spasi diabaikan, kecuali jika ada simbol “=+” yang merupakan operator tunggal. Bila dipisahkan dengan spasi maka akan terjadi kesalahan sintaks.
  8. Delimiter & Tanda Kurung : Delimiter merupakan elemen syntactic yang digunakan untuk menandai suatu awalan atau akhiran dari suatu syntactic unit seperti statemen atau ekspresi. Tanda kurung biasanya berpasangan dengan delimiter, misalnya kurung kurawal atau pasangan kata begin … end. Delimiter berguna untuk meningkatkan readability suatu program dan juga dapat menghilangkan ambiguitas suatu statemen karena dapat digunakan secara eksplisit untuk memisahkan statemen-statemen yang mirip.
  9. Ekspresi : Merupakan suatu fungsi yang mengakses data dalam suatu program dan mengembalikan suatu nilai. Ekspresi merupakan dasar dari blok syntactic dari statemen yang dibangun.
Type Data

Tipe data dasar adalah tipe data yang sudah disediakan oleh program sehingga programmer bisa langsung
memakai.
  1. Integer ( Bilangan Bulat ) : Yang dimaksud bilangan bulat adalah, -1, -2, -3, 0, 1, 2, 3, 4 dan lain lain yang bukan merupakan bilangan pecahan, rumus dalam komputer adalah -2n-1 <= N < 2n-1-1
  2. Real ( Bilangan Pecahan ) : Bilangan real adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal. contoh : 3,45 8,233
  3. Char ( Karakter ) : Karakter adalah semua huruf yang ada di dalam alfabet , tanda baca maupun karakter spesial. karakter ditulis diantara dua tanda petik tunggal. contoh : 'A'
  4. String : string adalah deretan karakter dengan panjang tertentu. Contoh : 'Teknik Informatika'.
  5. Boolean ( logika ) : boolean adalah tipe data logika yang terdiri dari dua pernyataan benar atau salah. pernyataan benar biasanya ditulis True atau angka 1, sedangkan pernyataan salah ditulis dengan False atau angka 0. operasi yang umum digunakan adalah or, not, and dan xor.

Comments

Popular posts from this blog

Nih Foto Pakai Seragamnya

Kalau ada yang belum punya atau filenya hilang , download dari sini aja . Anggia Firsty Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Dedek Gumelar Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Desi Ratnasari Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Dwiki Pratama Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Erma Yusti Sarah Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hady Eka Saputra @yangpunyablog ^_^ Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hari Prasetio Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hervina Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Indah Lestari Klik Show untuk melih

Program Java GUI : Pengembangan Desain Tampilan GUI

Melanjuti postingan sebelumnya mengenai Program Java GUI : Operasi Dua Angka  , disitu kita lihat bahwa design tampilan Form dan Interface masih standar. Kita bisa merubah tampilan menjadi lebih menarik atau mungkin lebih menorak.Untuk desain sendiri lebih mudah , hanya menggunakan "Propertis". Caranya dengan klik kanan pada setiap komponen dan frame , lihat gambar berikut : Kurang lebih hasilnya Diatas adalah gambar program Operasi 2 Angka , lihat codingnya klik disini >> Loading << . Cara membuka properties dengan cara klik kanan pada komponen yang akan di design . JFrame JLabel JPanel Silahkan di atur aja sesuai yang dibutuhkan , inilah cara simpel untuk mengatur design program yang akan di buat. Semoga postingan ini dapat membantu anda dalam belajar Pemrograman Java.

Kumpulan Boot Screen Windows 7 Part 2

Setelah posting yang part satunya , sekarang post yang part duanya lagi .  Dipart dua ini ada lebih dari 20 animasi boot screen untuk windows 7 anda . halloween Halloween ( Download ) jessica Jessica ( Download ) Radian Metro Radian ( Download ) Minion Minion Boot ( Download ) Molekul Molekul ( Download ) NFS Need For Speed ( With Background atau  No Background ) Only Windows Only Windows ( Download ) Rainbow Puking Rainbow ( Download ) Sakutaro Sakutaro ( Download ) Sburb Alpha Sburb Alpha ( Download ) Sgrub Sgrub ( Download ) Square Square ( Download ) sel Sel Navi ( Download ) Troll Trollin ( Download ) Vienna Vienna ( Download ) Warior Warior ( Download ) Windows Windows 7 1 ( Download ) Windows Windows 7 2 ( Download ) Windows Windows 7 3 ( Download ) Windows Windows 7 4 ( Download ) Windows Windows 7 5 ( Download ) Windows Windows 7 6 ( Download ) Windo