Skip to main content

Pendahuluan : Bahasa Pemrograman | Algoritma | Flowchart

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kodemnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
Begitulah kutipan yang saya ambil dari wikipedia.com yang menjelaskan bahasa pemrograman. Tetapi disini saya hanya akan membahas tentang Algoritma . Apa itu Algoritma ?? Mungkin beberapa sobat All4free udah banyak yang tau definisi Algoritma , ya Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah secara sistematis. Dengan kata lain Algoritma seperti sebuah rumus dalam pemecahan masalah .

Adapun aturan-aturan dalam pembuatan atau penyusunan Algoritma dalam pemrograman adalah :

  1. Judul
  2. Deskripsi
  3. Deklarasi
Contoh dalam kasus :
Menghitung Luas Persegi Panjang

Notasi Penulisan Algoritma
  1. Notasi yang dinyatakan dalam kalimat deskriptif . Dengan notasi ini, deskripsi setiap langkah dijelaskan dengan bahasa yang jelas. Notasi ini cocok untuk algoritma yang pendek, namun untuk masalah yang algoritmanya besar, notasi ini jelas tidak efektif.
  2. Notasi yang dinyatakan dengan pseudo code Pseudocode adalah notasi yang menyerupai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Keuntungan menggunakan notasi pseudo code adalah kemudahan mengkonversinya lebih tepat yang disebut mentranslasi ke notasi bahasa pemrograman, karena terdapat korespondensi antara setiap pseudo code dengan notasi bahasa pemrograman.
  3. Notasi yang dinyatakan dalam flowchart. Sama halnya dengan notasi deskriptif, notasi ini cocok untuk algoritma yang pendek, namun untuk masalah yang algoritmanya besar, notasi ini jelas tidak efektif. Selain itu, pengkonversian notasi algoritma ke notasi bahasa pemrograman cenderung relatif sukar.

FlowChart

Flowchart adalah bagan-baganyang mempunyai arusy ang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Nah , apa bedanya dengan Algoritma ? Ya , namanya juga chart , yang berupa bagan atau gambar atau simbol , biasa bisa kita temukan pada MS Office. Simbol-simbol tersebut antara lain :

Symbol Flowchart

Processor / Proses : Proses penghitungan
Alternate Processor :  Mencari alternatif lain dalam pemrosesan data
Decision : Pembandingan / penyeleksian data untuk melakukan proses selanjutnya
Preparation / Looping : Proses inisialisasi
Off Page Connector : Penghubung bagan flowchart dalam halaman yang berbeda
Input / Output data : Proses input / output data
PreDefined Processor : Proses menjalankan sub program
Start / End : Symbol flowchart untuk memulai / mengakhiri
Loop Connector : Penghubung bagan flowchart dalam 1 halaman
Line : Arah aliran program


Contoh kasus

Dalam pembahasan selanjutnya , kita akan membuat algoritma dengan syntak-sintak dari bahasa pemrograman . Lebih dan kurang dalam postingan kali ini saya mohon maaf , karena saya juga masih tahap pembelajaran .

Comments

Popular posts from this blog

Config IHQ 1.3.6 Telkomsel V.2

Berhubung config pertama saya udah abal-abal . Sekarang saya mau share config IHQ om alecz yang versi ke dua . Sama seperti config yang pertama , ini config sepertinya cuma bisa pakai ultrasurf atau sejenisnya . Tapi silahkan agan coba pakai SSH , mana tahu lokasi agan bisa. Jiwa gratisan ada pada diri ane , jadi cuma IHQ pun ane , pasti mujur .  Ane Tes . Nohoax Silahkan bagi yang mau confignya bisa klik [ $ = Hasil oprek-oprek ] dan bagi yang gak punya IHQ 136 silahkan klik [ Alecz Hebat ] . Jangan lupa tinggalin jejak ya gan , kalau perlu hasinya . Tapi no spam dan kritik yang bersifat negatif !!!!!

Template Blogger Responsive - Apriezt

Apriezt Responsive Magazine Fitur : 100% Responsive Auto resize thumbnail image Auto Featured Post from JSON (Slideshow)  Manual Featured Post Work with Image Widget(Slideshow) Support Advance Editor: upload background images, change background color, key colors, fonts Lightweight Auto read-more support third party image and youtube Ajax Page Navigation  Cool blogger threaded comment (Support Google+ Comment) with Emoticon JSON Search Result  Two View Mode (List and Grid) width Cookies Recent Comment Widget  News Ticker Widget  Related Post Widget Optimize SEO 3 Comment System (Blogger, Facebook, Disqus) Dropdown Menu Ads ready Top Social Icon Support shortcodes Custom Error 404 Page Support Post Preview Warning !!! : Apabila anda menggunakan template ini , saya harapkan tidak mengubah credit pada footer kecuali anda sudah konfirmasi dengan pembuat / desainer template yang bersangkutan  Demo Download Credit & resource ...

Mengenal Jenis-Jenis Jaringan

Sebelum melakukan praktek membuat sebuah jaringan , sebaiknya kita mengenal beberapa jenis jaringan yang ada di dunia ini dulu. Jaringan LAN (Lokal Area Network) Adalah sebuah jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam wilayah yang kecil/sempit. Contohnya seperti warnet , labor komputer pada sekolah , atau dalam kantor-kantor. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Karakteristik jaringan lan , (a) Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi. (b) Akses data lebih cepat, tapi tergantung dengan tipe kabel yang digunakan untuk menghubungkan. (c) Menghubungkan 2 atau lebih komputer , yang salah satu komputer menjadi sebuah server. (d) Biasa digunakan untuk sumber daya yang sama , seperti printer . Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) Adalah j...