Skip to main content

Pendahuluan : Bahasa Pemrograman | Algoritma | Flowchart

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kodemnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
Begitulah kutipan yang saya ambil dari wikipedia.com yang menjelaskan bahasa pemrograman. Tetapi disini saya hanya akan membahas tentang Algoritma . Apa itu Algoritma ?? Mungkin beberapa sobat All4free udah banyak yang tau definisi Algoritma , ya Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah secara sistematis. Dengan kata lain Algoritma seperti sebuah rumus dalam pemecahan masalah .

Adapun aturan-aturan dalam pembuatan atau penyusunan Algoritma dalam pemrograman adalah :

  1. Judul
  2. Deskripsi
  3. Deklarasi
Contoh dalam kasus :
Menghitung Luas Persegi Panjang

Notasi Penulisan Algoritma
  1. Notasi yang dinyatakan dalam kalimat deskriptif . Dengan notasi ini, deskripsi setiap langkah dijelaskan dengan bahasa yang jelas. Notasi ini cocok untuk algoritma yang pendek, namun untuk masalah yang algoritmanya besar, notasi ini jelas tidak efektif.
  2. Notasi yang dinyatakan dengan pseudo code Pseudocode adalah notasi yang menyerupai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Keuntungan menggunakan notasi pseudo code adalah kemudahan mengkonversinya lebih tepat yang disebut mentranslasi ke notasi bahasa pemrograman, karena terdapat korespondensi antara setiap pseudo code dengan notasi bahasa pemrograman.
  3. Notasi yang dinyatakan dalam flowchart. Sama halnya dengan notasi deskriptif, notasi ini cocok untuk algoritma yang pendek, namun untuk masalah yang algoritmanya besar, notasi ini jelas tidak efektif. Selain itu, pengkonversian notasi algoritma ke notasi bahasa pemrograman cenderung relatif sukar.

FlowChart

Flowchart adalah bagan-baganyang mempunyai arusy ang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Nah , apa bedanya dengan Algoritma ? Ya , namanya juga chart , yang berupa bagan atau gambar atau simbol , biasa bisa kita temukan pada MS Office. Simbol-simbol tersebut antara lain :

Symbol Flowchart

Processor / Proses : Proses penghitungan
Alternate Processor :  Mencari alternatif lain dalam pemrosesan data
Decision : Pembandingan / penyeleksian data untuk melakukan proses selanjutnya
Preparation / Looping : Proses inisialisasi
Off Page Connector : Penghubung bagan flowchart dalam halaman yang berbeda
Input / Output data : Proses input / output data
PreDefined Processor : Proses menjalankan sub program
Start / End : Symbol flowchart untuk memulai / mengakhiri
Loop Connector : Penghubung bagan flowchart dalam 1 halaman
Line : Arah aliran program


Contoh kasus

Dalam pembahasan selanjutnya , kita akan membuat algoritma dengan syntak-sintak dari bahasa pemrograman . Lebih dan kurang dalam postingan kali ini saya mohon maaf , karena saya juga masih tahap pembelajaran .

Comments

Popular posts from this blog

Nih Foto Pakai Seragamnya

Kalau ada yang belum punya atau filenya hilang , download dari sini aja . Anggia Firsty Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Dedek Gumelar Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Desi Ratnasari Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Dwiki Pratama Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Erma Yusti Sarah Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hady Eka Saputra @yangpunyablog ^_^ Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hari Prasetio Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hervina Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Indah Lestari Klik Show untuk melih

Program Java GUI : Pengembangan Desain Tampilan GUI

Melanjuti postingan sebelumnya mengenai Program Java GUI : Operasi Dua Angka  , disitu kita lihat bahwa design tampilan Form dan Interface masih standar. Kita bisa merubah tampilan menjadi lebih menarik atau mungkin lebih menorak.Untuk desain sendiri lebih mudah , hanya menggunakan "Propertis". Caranya dengan klik kanan pada setiap komponen dan frame , lihat gambar berikut : Kurang lebih hasilnya Diatas adalah gambar program Operasi 2 Angka , lihat codingnya klik disini >> Loading << . Cara membuka properties dengan cara klik kanan pada komponen yang akan di design . JFrame JLabel JPanel Silahkan di atur aja sesuai yang dibutuhkan , inilah cara simpel untuk mengatur design program yang akan di buat. Semoga postingan ini dapat membantu anda dalam belajar Pemrograman Java.

Kumpulan Boot Screen Windows 7 Part 2

Setelah posting yang part satunya , sekarang post yang part duanya lagi .  Dipart dua ini ada lebih dari 20 animasi boot screen untuk windows 7 anda . halloween Halloween ( Download ) jessica Jessica ( Download ) Radian Metro Radian ( Download ) Minion Minion Boot ( Download ) Molekul Molekul ( Download ) NFS Need For Speed ( With Background atau  No Background ) Only Windows Only Windows ( Download ) Rainbow Puking Rainbow ( Download ) Sakutaro Sakutaro ( Download ) Sburb Alpha Sburb Alpha ( Download ) Sgrub Sgrub ( Download ) Square Square ( Download ) sel Sel Navi ( Download ) Troll Trollin ( Download ) Vienna Vienna ( Download ) Warior Warior ( Download ) Windows Windows 7 1 ( Download ) Windows Windows 7 2 ( Download ) Windows Windows 7 3 ( Download ) Windows Windows 7 4 ( Download ) Windows Windows 7 5 ( Download ) Windows Windows 7 6 ( Download ) Windo