Skip to main content

Pendahuluan : Bahasa Pemrograman | Algoritma | Flowchart

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kodemnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
Begitulah kutipan yang saya ambil dari wikipedia.com yang menjelaskan bahasa pemrograman. Tetapi disini saya hanya akan membahas tentang Algoritma . Apa itu Algoritma ?? Mungkin beberapa sobat All4free udah banyak yang tau definisi Algoritma , ya Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah secara sistematis. Dengan kata lain Algoritma seperti sebuah rumus dalam pemecahan masalah .

Adapun aturan-aturan dalam pembuatan atau penyusunan Algoritma dalam pemrograman adalah :

  1. Judul
  2. Deskripsi
  3. Deklarasi
Contoh dalam kasus :
Menghitung Luas Persegi Panjang

Notasi Penulisan Algoritma
  1. Notasi yang dinyatakan dalam kalimat deskriptif . Dengan notasi ini, deskripsi setiap langkah dijelaskan dengan bahasa yang jelas. Notasi ini cocok untuk algoritma yang pendek, namun untuk masalah yang algoritmanya besar, notasi ini jelas tidak efektif.
  2. Notasi yang dinyatakan dengan pseudo code Pseudocode adalah notasi yang menyerupai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Keuntungan menggunakan notasi pseudo code adalah kemudahan mengkonversinya lebih tepat yang disebut mentranslasi ke notasi bahasa pemrograman, karena terdapat korespondensi antara setiap pseudo code dengan notasi bahasa pemrograman.
  3. Notasi yang dinyatakan dalam flowchart. Sama halnya dengan notasi deskriptif, notasi ini cocok untuk algoritma yang pendek, namun untuk masalah yang algoritmanya besar, notasi ini jelas tidak efektif. Selain itu, pengkonversian notasi algoritma ke notasi bahasa pemrograman cenderung relatif sukar.

FlowChart

Flowchart adalah bagan-baganyang mempunyai arusy ang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Nah , apa bedanya dengan Algoritma ? Ya , namanya juga chart , yang berupa bagan atau gambar atau simbol , biasa bisa kita temukan pada MS Office. Simbol-simbol tersebut antara lain :

Symbol Flowchart

Processor / Proses : Proses penghitungan
Alternate Processor :  Mencari alternatif lain dalam pemrosesan data
Decision : Pembandingan / penyeleksian data untuk melakukan proses selanjutnya
Preparation / Looping : Proses inisialisasi
Off Page Connector : Penghubung bagan flowchart dalam halaman yang berbeda
Input / Output data : Proses input / output data
PreDefined Processor : Proses menjalankan sub program
Start / End : Symbol flowchart untuk memulai / mengakhiri
Loop Connector : Penghubung bagan flowchart dalam 1 halaman
Line : Arah aliran program


Contoh kasus

Dalam pembahasan selanjutnya , kita akan membuat algoritma dengan syntak-sintak dari bahasa pemrograman . Lebih dan kurang dalam postingan kali ini saya mohon maaf , karena saya juga masih tahap pembelajaran .

Comments

Popular posts from this blog

Config IHQ 1.3.6 Telkomsel V.2

Berhubung config pertama saya udah abal-abal . Sekarang saya mau share config IHQ om alecz yang versi ke dua . Sama seperti config yang pertama , ini config sepertinya cuma bisa pakai ultrasurf atau sejenisnya . Tapi silahkan agan coba pakai SSH , mana tahu lokasi agan bisa. Jiwa gratisan ada pada diri ane , jadi cuma IHQ pun ane , pasti mujur .  Ane Tes . Nohoax Silahkan bagi yang mau confignya bisa klik [ $ = Hasil oprek-oprek ] dan bagi yang gak punya IHQ 136 silahkan klik [ Alecz Hebat ] . Jangan lupa tinggalin jejak ya gan , kalau perlu hasinya . Tapi no spam dan kritik yang bersifat negatif !!!!!

Get Data Back FAT & NTFS V4.3 Full

GetData Back GetDataBack for FAT adalah perangkat lunak pemulihan data shareware untuk Windows , yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memulihkan data mereka bahkan setelah memformat sistem atau, jika sistem rusak, jika data yang dihapus setelah serangan virus, kegagalan daya telah menyebabkan sistem crash, kegagalan perangkat lunak atau bahkan jika file yang sengaja dihapus. Dengan GetDataBack for FAT, Anda dijamin untuk dapat memulihkan semua file Anda, nama file, semua direktori. GetDataBack for FAT mendukung hard drive eksternal sebagai drive USB atau kartu memori, asalkan elemen ini di FAT12, FAT16 atau FAT32. Adalah perangkat lunak yang handal dan bekerja dengan membaca sendiri, yang berarti bahwa setiap akses tulis tidak akan pernah terwujud pada hard disk dimana data harus diambil. Tampilan Desktop Panduan : Extrak file menggunakan winrar , atau mount dengan menggunakan power iso . Jalankan setup.exe Ikuti perintah menginstal Setelah selesai , keluar

Sejarah Jaringan Komputer

Setelah membahas Sejarah mengenai Komputer , sekarang baru kita membahas tentang Jaringan. Berikut pembahasannya , yang sudah dirangkum dari banyak sumber, terutama wikipedia . Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Tahun 1957 Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik. Tahun 1958 Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer. 1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling