Skip to main content

Program Java Sederhana + Penjelasannya

Sesuai dengan judul postingan , yaitu membuat program sederhana . Jadi kita akan membuat satu program yang benar-benar sederhana yang hanya menampilkan output sebuah tulisan yang telah kita buat .

  1. Untuk memulai , silahkan jalankan program netbeans kalian .Maka muncul tampilan seperti gambar dibawah , buatlah New project . Ada beberapa cara diantanya meng-klik gambar kotak kuning pada tools bar yang sudah saya tandai , atau memilih dari menu File > New Project . Dan bisa juga dengan menekan CTRL+SHIFT+N secara bersamaan pada keyboard .
    Program-sederhana-1
    Gambar 1
  2. Pada kategori pilih Java dan project pilih Java Application . Kemudian pilih next untuk melanjutkan .
    Program-sederhana-2
    Gambar 2
  3. Selanjutnya adalah menentukan nama dan lokasi project kita ,
    Program-sederhana-3
    Gambar 3
    Project Name adalah tempat dimana kita menentukan apa nama dari project. Project Location dan Project Folder adalah lokasi dimana project kita akan di simpan. Create Main Class adalah pembuatan sebuah class dengan nama dari project kita . Jika sudah di tentukan , silahkan pilih Finish .
  4. Maka akan tampil pada netbeans seperti gambar berikut , untuk pembuatan atau pengetikan program bisa dilakukan dibawah "public static void main (String  [] args ) { ".
    Program-sederhana-4
    Gambar 4
  5. Karena kita membuat program yang paling sederhana , silahkan ketikan kode programnya seperi gambar berikut ,
    Program-sederhana-5
    Gambar 5
    kemudian pilih Debug pada tools bar atau menekan  CTRL+F5 pada keyboard .
    Program-sederhana-6
    Gambar 6
    Lihat hasil output , jika sukses maka akan tampil seperti gambar di bawah ini .
    Program-sederhana-7
    Gambar 7
  6. Sebuah program tidak selalu dalam tapilan atau berektensi *.exe *.mse . Yang kita buat barulah program yang paling sederhana dari segala program yang akan kita buat selanjutnya . 
Sedikit penjelasan saya untuk program diatas , mungkin kita belum jelas dengan sintak program yang sudah kita buat tadi .

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package program.sederhana;
/**
 *
 * @author Disconnect Here
 */
public class ProgramSederhana {
    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Hady Eka Saputra");
    }
}
Diatas adalah program yang kita buat tadi , untuk yang tulisannya berwarna abu-abu . disebut dengan comment . 
/* * To change this template, choose Tools | Templates * and open the template in the editor. */

Menurut saya , bagian comment tidak begitu penting . Karena komentar bisa kita buat hanya sebagai penanda dan penjelas program yang kita buat .
package program.sederhana;
Package adalah sarana/cara pengelompokkan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library. Package ini sangat mempengaruhi sekali terhadap method main karena kelas yang mengandung method main() memilki syarat tidak berada dalam suatu package. Dalam pembuatan pakeage puna ada ketentuannya , diantanya :

  1. Diawali huruf kecil
  2. Menggambarkan kelas-kelas yang dibungkusnya
  3. Harus unik (berbeda dengan nama package standard)
  4. Merepresentasikan path dari package tersebut.
  5. Harus sama dengan nama direktorinya.
public class ProgramSederhana {
Public class terdiri dari Public dan class . Public sendiri disebut access modifier untu mengendalikan ketampakan penggunaan kode terhadap bagian-bagian lain . Sedangkan class adalah segala sesuatu di program java yang berada dalam kelas atau wadah dimana program java akan kita bangun . Selanjutnya setelah ada public class , ada yang namanya identifier atau nama dari class . Ada syarat-syarat dalam pembuatan identifier , berikut adalah :
  1. Terdiri dari kumpulan karakter yang terdiri dari huruf,angka,underscores ( _ ) dan tanda dollar ($) 
  2. Nama harus dimulai dengan huruf , kemudian baru boleh di kombinasi dengan angka. 
  3. Tidak boleh dimulai dengan angka, dan tidak ada spasi
  4. Java bersifat case sensitive (huruf besar dan kecil tidak sama)
  5. Tidak menggunakan Keyword java.
  6. Tidak boleh menggunakan operator yang digunakan dalam java
 public static void main(String[] args) {
Adalah method dari program yang berupa main . Public  berarti metode dapat dipanggil dari manapun di dalam atau di luar kelas , static berarti sama untuk seluruh instan dari kelas .  Void berarti metode tidak mengirim apapun setelah selesai atau program tidak mempunyai nilai kembali (nol). Argumen args [] adalah array objek String , argumen-argumen baris perintah yang dilewatkan ke kelas yang di eksekusi . Sedangkan untuk tanda "{" adalah digunakan untuk memulai deklarasi method dan diakhiri dengan right brace "}" . Tanda ini sangat wajib ada setiap kita membuat method atau dalam program .
System.out.println("Hady Eka Saputra");
Fungsi diatas adalah perintah untuk memanggil metode println() di objek out dan di kelas System . Objek out merupakan standar output , sementara kelas System adalah kelas yang menyatukan seluruh fungsional sistem. Syntak diatas adalah perintah untuk mencetak baris yang terdapat didalam ("..."). Setiap baris/statement harus diakhiri dengan semikolon (;).

Comments

Popular posts from this blog

Nih Foto Pakai Seragamnya

Kalau ada yang belum punya atau filenya hilang , download dari sini aja . Anggia Firsty Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Dedek Gumelar Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Desi Ratnasari Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Dwiki Pratama Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Erma Yusti Sarah Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hady Eka Saputra @yangpunyablog ^_^ Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hari Prasetio Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Hervina Klik Show untuk melihat gambarnya klik gambar jika ingin melihat ukuran besar. Indah Lestari Klik Show untuk melih

Program Java GUI : Pengembangan Desain Tampilan GUI

Melanjuti postingan sebelumnya mengenai Program Java GUI : Operasi Dua Angka  , disitu kita lihat bahwa design tampilan Form dan Interface masih standar. Kita bisa merubah tampilan menjadi lebih menarik atau mungkin lebih menorak.Untuk desain sendiri lebih mudah , hanya menggunakan "Propertis". Caranya dengan klik kanan pada setiap komponen dan frame , lihat gambar berikut : Kurang lebih hasilnya Diatas adalah gambar program Operasi 2 Angka , lihat codingnya klik disini >> Loading << . Cara membuka properties dengan cara klik kanan pada komponen yang akan di design . JFrame JLabel JPanel Silahkan di atur aja sesuai yang dibutuhkan , inilah cara simpel untuk mengatur design program yang akan di buat. Semoga postingan ini dapat membantu anda dalam belajar Pemrograman Java.

Kumpulan Boot Screen Windows 7 Part 2

Setelah posting yang part satunya , sekarang post yang part duanya lagi .  Dipart dua ini ada lebih dari 20 animasi boot screen untuk windows 7 anda . halloween Halloween ( Download ) jessica Jessica ( Download ) Radian Metro Radian ( Download ) Minion Minion Boot ( Download ) Molekul Molekul ( Download ) NFS Need For Speed ( With Background atau  No Background ) Only Windows Only Windows ( Download ) Rainbow Puking Rainbow ( Download ) Sakutaro Sakutaro ( Download ) Sburb Alpha Sburb Alpha ( Download ) Sgrub Sgrub ( Download ) Square Square ( Download ) sel Sel Navi ( Download ) Troll Trollin ( Download ) Vienna Vienna ( Download ) Warior Warior ( Download ) Windows Windows 7 1 ( Download ) Windows Windows 7 2 ( Download ) Windows Windows 7 3 ( Download ) Windows Windows 7 4 ( Download ) Windows Windows 7 5 ( Download ) Windows Windows 7 6 ( Download ) Windo