Skip to main content

Program Java Sederhana + Penjelasannya

Sesuai dengan judul postingan , yaitu membuat program sederhana . Jadi kita akan membuat satu program yang benar-benar sederhana yang hanya menampilkan output sebuah tulisan yang telah kita buat .

  1. Untuk memulai , silahkan jalankan program netbeans kalian .Maka muncul tampilan seperti gambar dibawah , buatlah New project . Ada beberapa cara diantanya meng-klik gambar kotak kuning pada tools bar yang sudah saya tandai , atau memilih dari menu File > New Project . Dan bisa juga dengan menekan CTRL+SHIFT+N secara bersamaan pada keyboard .
    Program-sederhana-1
    Gambar 1
  2. Pada kategori pilih Java dan project pilih Java Application . Kemudian pilih next untuk melanjutkan .
    Program-sederhana-2
    Gambar 2
  3. Selanjutnya adalah menentukan nama dan lokasi project kita ,
    Program-sederhana-3
    Gambar 3
    Project Name adalah tempat dimana kita menentukan apa nama dari project. Project Location dan Project Folder adalah lokasi dimana project kita akan di simpan. Create Main Class adalah pembuatan sebuah class dengan nama dari project kita . Jika sudah di tentukan , silahkan pilih Finish .
  4. Maka akan tampil pada netbeans seperti gambar berikut , untuk pembuatan atau pengetikan program bisa dilakukan dibawah "public static void main (String  [] args ) { ".
    Program-sederhana-4
    Gambar 4
  5. Karena kita membuat program yang paling sederhana , silahkan ketikan kode programnya seperi gambar berikut ,
    Program-sederhana-5
    Gambar 5
    kemudian pilih Debug pada tools bar atau menekan  CTRL+F5 pada keyboard .
    Program-sederhana-6
    Gambar 6
    Lihat hasil output , jika sukses maka akan tampil seperti gambar di bawah ini .
    Program-sederhana-7
    Gambar 7
  6. Sebuah program tidak selalu dalam tapilan atau berektensi *.exe *.mse . Yang kita buat barulah program yang paling sederhana dari segala program yang akan kita buat selanjutnya . 
Sedikit penjelasan saya untuk program diatas , mungkin kita belum jelas dengan sintak program yang sudah kita buat tadi .

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package program.sederhana;
/**
 *
 * @author Disconnect Here
 */
public class ProgramSederhana {
    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Hady Eka Saputra");
    }
}
Diatas adalah program yang kita buat tadi , untuk yang tulisannya berwarna abu-abu . disebut dengan comment . 
/* * To change this template, choose Tools | Templates * and open the template in the editor. */

Menurut saya , bagian comment tidak begitu penting . Karena komentar bisa kita buat hanya sebagai penanda dan penjelas program yang kita buat .
package program.sederhana;
Package adalah sarana/cara pengelompokkan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library. Package ini sangat mempengaruhi sekali terhadap method main karena kelas yang mengandung method main() memilki syarat tidak berada dalam suatu package. Dalam pembuatan pakeage puna ada ketentuannya , diantanya :

  1. Diawali huruf kecil
  2. Menggambarkan kelas-kelas yang dibungkusnya
  3. Harus unik (berbeda dengan nama package standard)
  4. Merepresentasikan path dari package tersebut.
  5. Harus sama dengan nama direktorinya.
public class ProgramSederhana {
Public class terdiri dari Public dan class . Public sendiri disebut access modifier untu mengendalikan ketampakan penggunaan kode terhadap bagian-bagian lain . Sedangkan class adalah segala sesuatu di program java yang berada dalam kelas atau wadah dimana program java akan kita bangun . Selanjutnya setelah ada public class , ada yang namanya identifier atau nama dari class . Ada syarat-syarat dalam pembuatan identifier , berikut adalah :
  1. Terdiri dari kumpulan karakter yang terdiri dari huruf,angka,underscores ( _ ) dan tanda dollar ($) 
  2. Nama harus dimulai dengan huruf , kemudian baru boleh di kombinasi dengan angka. 
  3. Tidak boleh dimulai dengan angka, dan tidak ada spasi
  4. Java bersifat case sensitive (huruf besar dan kecil tidak sama)
  5. Tidak menggunakan Keyword java.
  6. Tidak boleh menggunakan operator yang digunakan dalam java
 public static void main(String[] args) {
Adalah method dari program yang berupa main . Public  berarti metode dapat dipanggil dari manapun di dalam atau di luar kelas , static berarti sama untuk seluruh instan dari kelas .  Void berarti metode tidak mengirim apapun setelah selesai atau program tidak mempunyai nilai kembali (nol). Argumen args [] adalah array objek String , argumen-argumen baris perintah yang dilewatkan ke kelas yang di eksekusi . Sedangkan untuk tanda "{" adalah digunakan untuk memulai deklarasi method dan diakhiri dengan right brace "}" . Tanda ini sangat wajib ada setiap kita membuat method atau dalam program .
System.out.println("Hady Eka Saputra");
Fungsi diatas adalah perintah untuk memanggil metode println() di objek out dan di kelas System . Objek out merupakan standar output , sementara kelas System adalah kelas yang menyatukan seluruh fungsional sistem. Syntak diatas adalah perintah untuk mencetak baris yang terdapat didalam ("..."). Setiap baris/statement harus diakhiri dengan semikolon (;).

Comments

Popular posts from this blog

Config IHQ 1.3.6 Telkomsel V.2

Berhubung config pertama saya udah abal-abal . Sekarang saya mau share config IHQ om alecz yang versi ke dua . Sama seperti config yang pertama , ini config sepertinya cuma bisa pakai ultrasurf atau sejenisnya . Tapi silahkan agan coba pakai SSH , mana tahu lokasi agan bisa. Jiwa gratisan ada pada diri ane , jadi cuma IHQ pun ane , pasti mujur .  Ane Tes . Nohoax Silahkan bagi yang mau confignya bisa klik [ $ = Hasil oprek-oprek ] dan bagi yang gak punya IHQ 136 silahkan klik [ Alecz Hebat ] . Jangan lupa tinggalin jejak ya gan , kalau perlu hasinya . Tapi no spam dan kritik yang bersifat negatif !!!!!

Get Data Back FAT & NTFS V4.3 Full

GetData Back GetDataBack for FAT adalah perangkat lunak pemulihan data shareware untuk Windows , yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memulihkan data mereka bahkan setelah memformat sistem atau, jika sistem rusak, jika data yang dihapus setelah serangan virus, kegagalan daya telah menyebabkan sistem crash, kegagalan perangkat lunak atau bahkan jika file yang sengaja dihapus. Dengan GetDataBack for FAT, Anda dijamin untuk dapat memulihkan semua file Anda, nama file, semua direktori. GetDataBack for FAT mendukung hard drive eksternal sebagai drive USB atau kartu memori, asalkan elemen ini di FAT12, FAT16 atau FAT32. Adalah perangkat lunak yang handal dan bekerja dengan membaca sendiri, yang berarti bahwa setiap akses tulis tidak akan pernah terwujud pada hard disk dimana data harus diambil. Tampilan Desktop Panduan : Extrak file menggunakan winrar , atau mount dengan menggunakan power iso . Jalankan setup.exe Ikuti perintah menginstal Setelah selesai , keluar

Sejarah Jaringan Komputer

Setelah membahas Sejarah mengenai Komputer , sekarang baru kita membahas tentang Jaringan. Berikut pembahasannya , yang sudah dirangkum dari banyak sumber, terutama wikipedia . Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Tahun 1957 Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik. Tahun 1958 Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer. 1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling