Skip to main content

Program Java menghitung Luas dan Keliling Segitiga

Melanjutkan postingan yang membahas Program Menghitung Luas dan keliling Layang-layang , kali ini membahas Program Java menghitung Luas dan Keliling Segitiga . Banyak pengaplikasian dalam sehari-hari pada pemrograman java . Berikut sourch program pada Luas dan Keliling segitiga :

package luasdankeliling;
import java.util.Scanner;
public class segitiga {
    public static void main (String [] args){
        Scanner nilai = new Scanner (System.in);
        double luas , keliling ;
        System.out.println("MENGHITUNG KELILING SEGITIGA");
        {
        int AB , BC , CA ;
        System.out.println("Sisi AB = ");
        AB = nilai.nextInt();
        System.out.println("Sisi BC = ");
        BC = nilai.nextInt();
        System.out.println("Sisi CA = ");
        CA = nilai.nextInt();
        keliling = AB + BC + CA ;
        System.out.println("Keliling segitiga ="+keliling);
        }
        System.out.println("\nMENGHITUNG LUAS SEGITIGA");
        {
        int alas , tinggi;
        System.out.println("Masukan alas segitiga = ");
        alas = nilai.nextInt();
        System.out.println("Masukan tinggi segitiga = ");
        tinggi = nilai.nextInt();
        luas = alas * tinggi / 2;
        System.out.println("Luas segitiga = "+luas);
    }
        {
            System.out.println("\nKeliling segitiga = "+keliling+" dan Luasnya = "+luas);
        }
    }
}
Cukup panjang untuk kodenya , dan tampilan outputnya kira-kira seperti berikut :
segitiga
Luas dan keliling segitiga

Postingan akan berlanjut pada contoh-contoh program yang mencari volume bangun ruang , kalau bisa nanti saya sempatkan untuk mencari sisi miring pada kerucut . 

Comments

Popular posts from this blog

Program Java GUI : Pengembangan Desain Tampilan GUI

Melanjuti postingan sebelumnya mengenai Program Java GUI : Operasi Dua Angka  , disitu kita lihat bahwa design tampilan Form dan Interface masih standar. Kita bisa merubah tampilan menjadi lebih menarik atau mungkin lebih menorak.Untuk desain sendiri lebih mudah , hanya menggunakan "Propertis". Caranya dengan klik kanan pada setiap komponen dan frame , lihat gambar berikut : Kurang lebih hasilnya Diatas adalah gambar program Operasi 2 Angka , lihat codingnya klik disini >> Loading << . Cara membuka properties dengan cara klik kanan pada komponen yang akan di design . JFrame JLabel JPanel Silahkan di atur aja sesuai yang dibutuhkan , inilah cara simpel untuk mengatur design program yang akan di buat. Semoga postingan ini dapat membantu anda dalam belajar Pemrograman Java.

Config IHQ 1.3.6 Telkomsel V.2

Berhubung config pertama saya udah abal-abal . Sekarang saya mau share config IHQ om alecz yang versi ke dua . Sama seperti config yang pertama , ini config sepertinya cuma bisa pakai ultrasurf atau sejenisnya . Tapi silahkan agan coba pakai SSH , mana tahu lokasi agan bisa. Jiwa gratisan ada pada diri ane , jadi cuma IHQ pun ane , pasti mujur .  Ane Tes . Nohoax Silahkan bagi yang mau confignya bisa klik [ $ = Hasil oprek-oprek ] dan bagi yang gak punya IHQ 136 silahkan klik [ Alecz Hebat ] . Jangan lupa tinggalin jejak ya gan , kalau perlu hasinya . Tapi no spam dan kritik yang bersifat negatif !!!!!

Fungsi Scanner Pada Java

Scanner merupakan perintah untuk membuat objek atau menginisialisasi object yang diinginkan pengguna atau yang diinputkan pengguna Perintah-Perintah yang digunakan : import java.util.Scanner; Ini untuk memasukan fungsi Scanner pada program. Scanner data = new Scanner (System. in ); Ini membangun/membuat sebuah Scanner baru yang menghasilkan nilai-nilai yang dipindai dari file yang ditentukan. Data adalah nama scanner yang akan di buat , kita bisa merubah sesuai dengan data yang akan kita buat , yang terpenting adalah tidak membuat eror atau anda kebingungan. A = data.next Int (); Berfungsi untuk penginputan data yang akan di buat dari kita, A adalah nama variabel . Syntax tersebut berfungsi pada tipe data integer , contohnya pada tipe data double maka gunakan A = input.next Double (); . Contoh kita akan terapkan pada sebuah program persegi . Berikut adalah syntax programnya , package luasdankeliling; import java.util.Scanner; public class persegiempat { public s...